Home » » Menikmati Proses Toilet Training Si Kecil (2)

Menikmati Proses Toilet Training Si Kecil (2)


Satu bulan berjalan sejak aku memulai proses TT anakku. Alhamdulillah menampakkan hasil. Aku bahagia :-D
Awal-awal men-TT Afid (usia 18 bulan), aku sempat frustasi, haha. Salahnya, aku berekspektasi terlalu tinggi. Aku membayangkan seminggu berjalan, semua bakalan berhasil. Ternyata nonsense lah. Hihi. Afid nggak aware sama sekali kalo training pants dia basah gegara pipis. Afid kalo aku ajak pipis di tempatnya suka bilang, “Emoh, emoh...” padahal celana udah dilepas plus udah sambil aku certain macam-macam, berkaitan sama pipis ini. Sounding gitu lah ceritanya, siapa tahu kan dengan begitu dia termotivasi untuk nggak ngompol. Udah gitu, giliran dia mau pipis, maunya berdiri, nggak mau duduk jongkok. Berhubung nggak sesuai sama harapan ya kan jadi KZL, KZL, KZL. -_-
Tapi ya di situlah kuncinya melatih anak pipis. Kudu sabar, telaten, semangat, dan tetap kuat. Kita pasti bisa, Moms :-D
Jadi, selama sebulan berjalan (sekarang Afid 19 bulan), beginilah perkembangan proses TT Afid.
1.   Sekarang Afid udah aware kalo dia pipis, baik waktu mengenakan celana biasa maupun training pants. “Pipis, pipis...” katanya. (Ini terjadi kalo Afid terlanjur ngompol karena aku terlambat ngajak dia pipis)
2.    Afid sekarang gampang kalau diajak pipis, mau-mau aja. Kira-kira satu jam sekali. Biasanya aku ngasih pilihan mau pipisnya di mana. Di kamar mandi Emak (neneknya), kamar mandi ibuk, pancuran belakang, atau sumur samping. Dia sendiri yang milih, seringnya di sumur samping.
3.      Afid udah mau pipis sambil duduk jongkok. Yeyy!

Menikmati Proses Toilet Training Si Kecil (2)
Itu sumur peninggalan kakek. Di deket sumur itulah biasanya Afid milih tempat buat pipis

Yang masih jadi PR:
1.   Afid bilangnya “Pipis..., pipis” itu setelah pipis, belum bisa sebelumnya. Haha, masih aja terjadi accident dah. Sejauh ini aku sering bilang, “Kalo mau pipis ngomong Ibuk, ya?!” Terus dia jawab “Ya...” sambil nganggukin kepala. Mudah-mudahan dengan gitu dia bakalan lebih paham dengan konsep kebelet pipis.
2.     Aku men-TT Afid masih untuk siangnya aja sih. Malamnya belum. Masih tetap pakai clodi.
3.   Sejauh ini hanya berlaku untuk BAK. Latihan BAB belum terjangkau, hehe. Beberapa kali Afid pernah bilang, “Ngengek...” gitu kadang beneran kadang enggak. Kemarin pagi sih kejadiannya gini. Afid bilang, “Ngengek...” Lalu aku lihat celananya. “Ah, enggak gitu kok,” kataku. Lah ternyata selang beberapa saat kemudian, dia pup di celana. ((Ibuk nggak percayaan sih dibilangin anaknya, wkwk)). Semoga jadi awal yang baik lah.

Yang selalu jadi godaan:
1.    Tahan untuk makaiin pospak ya, Moms, kalo nggak perlu-perlu amat. Ini terjadi padaku karena rasanya godaan banget tuh (apalagi punya stok banyak). Jadi ya sebisa mungkin harus kuat, harus tahan. Aku pakaiin pospak kalo emang udah perlu banget, misalnya kalau clodi nggak kering (untuk pemakaian malam), dan pergi-pergi untuk jarak jauh atau waktu yang lama (dalam artian kalo pakai clodi bakalan ribet).
2.    Rasa malas. Haha, memang kudu telaten. Bahkan sepertinya ini godaan nomor satu deh. Salah satunya mungkin ada rasa malas kalo terjadi accident, kita harus ngepel lantai. Atau, cucian bakalan lebih menumpuk karena banyaknya celana yang kena ompol. Konsekuensi, memang. Yakin aja kalo proses seperti ini nggak bakalan lama.
3.   Emosi. Ya itu, makanya untuk proses awal-awal, nggak usah pasang target terlalu tinggi. Jatuhnya kita bisa stress sendirian (karena suami biasanya nggak mau ambil pusing, wkwk). Seminggu pertama berjalan, syukuri aja kalo anak baru mau pipis di tempatnya cuma sekali dalam sehari. Sekarang, sebulan berjalan alhamdulillah anakku udah mau berkali-kali. Ngompol masih terjadi 2 atau 3 kali sih, nggak apa-apa.  Tetap dinikmati prosesnya :-)

Oh ya, BTW tetap libatkan orang-orang terdekat (keluarga) ya dalam proses ini, terutama suami. Kenapa? Kalau antar anggota keluarga nggak konsisten, keberhasilan prosesnya bakalan lebih lambat.

You’ll be surprised when you looking at your baby’s growth! And i’m so! (include in this toilet training process, step by step). It’s very, very happy for spending time with him/her. Thanks God :-*

0 comments :

Post a Comment

Visitor