Home » » Dolan ke TBM Gelaran Buku Jambu

Dolan ke TBM Gelaran Buku Jambu


Dolan ke TBM Gelaran Buku Jambu

“Wahhh..., pantesan termasuk yang terkbaik tingkat nasional. Segini bagusnya loh...”

TBM Gelaran Buku Jambu
Lagi di TBM Gelaran Buku Jambu

***
Dolanku kali ini, sebenarnya dilatari dari buku The Life-Changing Magic of Tidying Up karya Marie Kondo. Dikatakan bahwa buku merupakan salah satu barang yang mungkin sulit untuk dibereskan oleh pemiliknya. Gimana sih ya, aku pribadi, rasanya bangga aja kalo punya banyak buku. Ngelihatnya berjajar-jajar, seneng gitu. Apalagi aku ini juga merupakan alumni S1 Ilmu Perpustakaan. Rasanya kayak-kayak wajib punya banyak koleksi buku di rumah.


The life-changing magic of tidying up
Buku yang bikin semangat beres-beres, ohoho

Nah setelah baca bukunya Marie Kondo ini (meskipun belum selesai, karena isinya teks semua sih, nggak ada ilustrasi sama sekali, jadi bacanya lama, ehhe), aku jadi mikir-mikir juga. Ini buku-buku sejujurnya memunculkan kegembiraan buat aku nggak sih? Nyatanya ada yang sampai 3 tahun bahkan belum aku baca sama sekali (kecuali judulnya doank). Ya udah sih, daripada kelamaan ‘dianggurin’, mending dialihkan ke suatu tempat, barangkali lebih bermanfaat.
Singkat cerita, aku pilih-pilih buku yang kira-kira udah nggak aku pake. Aku tawarin dulu adek dan keponakanku, ada buku yang disuka apa enggak. Kalo iya aku kasih. Setelahnya, sasaranku adalah sebuah TBM di Desa Jambu. Ini aku tahunya dari instagram.


Akun instagram TBM Gelaran Buku Jambu
Akun instagram TBM Gelaran Buku Jambu

Namanya TBM Gelaran Buku Jambu, terletak di Desa Jambu, Kecamatan Kayen Kidul, Kediri. Seperti yang sempat aku bilang di awal, TBM ini termasuk TBM terbaik tingkat nasional. Udah banyak pernghargaan yang diterima. Kebetulan nih, TBM ini open donasi buku. Aku kontak salah satu pengurusnya, Mas Aril. Beliau bilang, kalo masih area Kediri, mereka bisa ngambil ke rumah. Tapi ya berhubung aku pingin dateng ke sana, pingin tahu TBM nya, jadi aku minta anter suami aja. Lagian juga nggak jauh-jauh amat sih. Alhamdulillah suami mau, dan berangkatlah kami di suatu malam (11/10/2018), seminggu yang lalu.

Rak buku umum di TBM Gelaran Buku Jambu
Naksir sama raknya. Hihi

Rak buku anak. Keren dan ergonomis.
Ada Mbah Albert Einstein di sana. Haloo, Mbah :-)

Baru nyampe sana tuh aku udah wow banget. Lha tempatnya aja udah nyaman, koleksinya banyak, penataaanya bagus dan ergonomis, kreatif. Dan lagi, untuk sekelas TBM ini bahkan ada komputer dan printernya.


Jadi inget angkringan di Jogja. Hehehe
Kaki gue belang, btw. Yoben :-D

 Oh ya, kebetulan saat itu Mas Aril nggak bisa dateng, jadi yang menemui Mas Ikhwan, pengurus sekaligus pendiri TBM tersebut. Info dari Mas Ikhwan, TBM Gelaran Buku Jambu mulai menempati bangunan ini tahun 2015. Kalo adanya TBM sih udah lama (duh lupa lagi, tahun berapa. Nggak bakat jadi wartawan ih, wkwk). Udah beberapa kali pindah tempat juga. Alhamdulillah tempat yang sekarang ini yang paling nyaman.

Ini Mas Ikhwan, pendiri TBM Gelaran Buku Jambu

story telling
Story telling :-D

Di balik suami yang hebat, ada sosok istri yang luar biasa donk tentunya. Namanya Mbak Ida, istri dari Mas Ikhwan ini. Beliau welcome, ramah banget deh. Benar-benar pasangan yang pokoknya aku salut banget. Mas Ikhwan yang merupakan guru di MTs, dan Mbak Ida yang adalah guru di SPP, jelasnya udah sibuk dengan kegiatan di rumah dan sekolah. Ini masih ada waktu untuk mendedikasikan ‘sebagian hidupnya’ untuk TBM ini, untuk masyarakat.

Salam literasi dari Mbak Ida :-)

Sukses selalu ya, Mas Ikhwan, Mbak Ida. Semoga selalu sehat dan bahagia. Dan untuk TBM Gelaran Buku Jambu, semoga senantiasa bermanfaat. Aamiin.


0 comments :

Post a Comment

Visitor